INFO Mendalami Lebih Jelas Penyakit Kolera Pada Ayam

Untitled-1-5.jpg

Mendalami Lebih Jelas Penyakit Kolera Pada Ayam. Kolera adalah penyakit yang disebabkan oleh Vibrio yang termasuk penyakit yang dapat menular.

Join Sabung Ayam - Mendalami Lebih Jelas Penyakit Kolera Pada Ayam, Penyakit Ayam cukup berbahaya, salah satunya adalah penyakit Kolera. Penyakit ini paling sering terkena adalah hewan unggas, dan untuk itu Kami akan membahas Kolera lebih detail supaya tidak terjadi atau menimpa pada hewan ternakan/ayam aduan anda.

Kolera adalah penyakit yang disebabkan oleh Vibrio yang termasuk penyakit yang dapat menular. Penyakit ini terkena penyebarannya melalui air minum yang telah terkena dengan sanitasi. Jadi , Jika ayam anda terkena penyakit ini , kemungkinan besar adalah pada air minum yang sudah dikonsumsi ayam.

Akan semakin bahaya jika ayam tidak segera di tangani, maka ayam akan mati menyedihkan, kenali gejala-gejala nya sebelum semakin parah.


1. Ayam Akan Lebih Banyak Minum
Ayam akan mengalami penyakit ini maka akan lebih sering banyak minum, hingga mereka minum sampai paruhnya basah sampai-sampai airnya berceceran dimana-mana.

2. Nafsu makan jadi terhambat
Nafsu makan si ayam menjadi berkurang, dan kemungkinan besar juga ayam tersebut tidak makan sama sekali

3. Ayam Mulai Sesak Nafas
Bukan hanya lemas, ayam akan sesak nafas, dan itulah salah satu gejala awal penyakit kolera

4.Kotoran Encer Hingga Berair
Penyakit ini juga mengenai penceranaan si ayam , dan kotoranya akan menjadi cairan dan termasuk perubahan kotoran warna tinja

5. Mata Lemas
Ayam akan lebih sering memejamkan mata karena lemas, dan tidak sehat.

6. Lebih Jarang Bergerak
Ayam tidak mau berlari dan lebih sering menyediri

7. Kepala disembunyikan bagian ketiak
Ayam akan merasa tidak nyaman maka itu ayam akan lebih sering menyembunyikan kepalanya


Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Berak Hijau Pada Ayam Aduan

Nah untuk segera mencegah penyakit terlalu parah , maka inilah langkah-langkah berikut yang bisa anda terapkan:

1. Untuk langkah awal yang harus dilakukan adalah memindahkan ayam yang masih sehat ke kandang yang bersih dan telah disemprotkan biocid. Hal ini bertujuan supaya ayam yang tidak terkena penyakit tertular dengan ayam yang sedang mengalami kolera.

2. Yang kedua adalah , usahakan ayam-ayam selalu terkena sinar matahari khususnya jam 8 dan jam 9 , untuk menjaga kesehatannya

3. Dan yang terakhir sering membersihkan kandang supaya terhindar dari debu dan kotoran , karena itu sumber utama terjadinya kolera dan ayam juga membutuhkan ruang gerak yang bersih untuk kelangsungan hidupnya.

Ketiga cara ini dapat anda lakukan saat mendapati satu ayam yang terkena penyakit kolera. Tapi disamping itu, yang dapat anda lakukan cara mencegah kolera. dan untuk membuat bakteri ini dibersihkan dengan tuntas ketika kandang telah dibersihkan , bakteri akan mati karena sengatan sinar alam tersebut.

Selain itu pengobatan lainnya bisa mengikuti cara berikut :

1. cara yang tepat mencampurkan air minum ayam yang sehat dengan coccidiostat setip 3 hari sekali

2. Sedangkan ayam yang terjangkit sakit kolera dengan memberikan Corydon, Noxal, Tetrasulfa B Plex , atau Embacox sesuai kemasannya.

3.Jika sudah akut, lakukan injeksi pada ayam terkena kolera dengan terramcyin.

dan itulah cara mengatasinya dan lebih baik mengenali penyakit berikut agar ayam lainnya tidak terkena tular lebih luas ke ayam lainnya.

Semoga Artikel "Mendalami Lebih Jelas Penyakit Kolera Pada Ayam" ini dapat membantu anda dalam menanggulangi penyakit kolera demikianlah informasi dari Join sabung ayam, jangan lupa untuk membaca artikel - artikel lainnya, share , dan kometar dibawah kolom.


Baca Juga : Cara Memilih Bibit Anakan Ayam Bangkok Yang Berkelas Juara