INFO 3 Cara Merawat Ayam Bangkok Wajib Anda Ketahui Agar Bisa Jadi Petarung Hebat

5-391.jpg


Sabung Ayam Online - 3 Cara Merawat Ayam Bangkok Wajib Anda Ketahui Agar Bisa Jadi Petarung Hebat - Semua ayam yang berjenis kelamin jantan disebut ayam jago. Setiap ayam jago memiliki keunggulan sendiri - sendiri. Namun, diantara jenis - jenis ayam tentunya ada jenis ayam yang mempunyai kekuatan super. Jenis ayam super biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai ayam aduan.

3 Cara Merawat Ayam Bangkok Wajib Anda Ketahui Agar Bisa Jadi Petarung Hebat

Di Indonesia terdapat banyak komunitas ayam jago yang tersebar dibeberapa wilayah. Ayam jago yang seringkali disukai oleh komunitas - komunitas tersebut ialah jenis ayam jago Bangkok sehingga nama ayam jago Bangkok ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain itu ada juga jenis ayam lain yang dijadikan sebagai ayam aduan yakni ayam petarung.

Jenis ayam aduan yang sangat popular diantara jenis ayam aduan lain ialah jenis ayam jago Bangkok. Karena ayam jago Bangkok ini mempunyai performa yang sangat baik dalam bertarung. Sehingga saat ini banyak sekali ayam jago Bangkok di Indonesia yang dikawinkan silang dengan ayam kampung biasa. Jenis ayam Bangkok yang dikawin silangkan ini biasanya yang berkualitas bagus.

3 Cara Merawat Ayam Bangkok Wajib Anda Ketahui Agar Bisa Jadi Petarung Hebat

Sehingga nantinya akan di dapatkan keturunan yang paling bagus pula dan berbeda bila di saksikan dari segi teknik bertarung dan fisiknya. Ayam Bangkok original atau asli biasanya disebut dengan nama ayam Bangkok Thailand. Mengapa diamakan demikian? Karena memang ayam tersebut berasal dari Negara Thailand. Hal ini juga yang menciptakan ayam Bangkok ini menjadi lebih mahal harganya.

Setiap ayam Bangkok mempunyai gaya dalam bertarung sendiri - sendiri. Gaya-gaya tersebut di dapatkan sesuai dengan garis atau riwayat keturunannya. Beberapa gaya ayam Bangkok dalam bertarung seperti ngalung, selusup, pukul lari, dan pura - pura lemes. Di samping itu, dalam menghasilkan ayam Bangkok yang berkualitas bagus, peternak ayam mesti melakukan sejumlah latihan pada ayam.

3 Cara Merawat Ayam Bangkok Wajib Anda Ketahui Agar Bisa Jadi Petarung Hebat

Usia ayam yang sesuai ketika dilakukan latihan adalah 6 bulan hingga 7 bulan. Ketika usia - usia itu ayam Bangkok mulai mengeluarkan warna - warna bulu merah atau hijau yang mengkilat. Saat itu juga, ayam Bangkok masih dalam tahap belajar berkokok sehingga sangat cocok dijadikan sebagai ajang latihan.

Ayam Bangkok ternyata ada yang asli dan ada pun yang kw. Agar anda percaya dan benar ketika hendak membelinya maka anda harus memahami ciri - ciri dari ayam Bangkok yang asli. Apalagi anda baru saja masuk dalam dunia perayaman Bangkok, tentu saja harus mengetahui ciri - ciri tersebut supaya tidak salah dalam membelinya.

Baca Juga : Cara Memandikan Ayam Bangkok Yang Baik Dan Benar Agar Ayam Semakin Kuat


Ketika anda akan merawat ayam Bangkok, tentu saja sangat di perlukan keuletan dan juga ketelatenan dalam melakukannya. Sampai sejauh ini banyak orang yang memiliki kegemaran atau kesukaan dalam merawat ayam hanya bertahan sampai kurun waktu satu minggu saja, selebihnya mereka sudah bosan. Nah, bila kamu ingin mencoba merawat ayam Bangkok agar mempunyai kualitas yang bagus, ada baiknya bila kamu membaca beberapa penjelasan pentin, berikut tentang hal - hal yang harus diperhatikan ketika akan merawat ayam jago.

Baca Juga : Mengenali Ciri – Ciri Ayam Bangkok Super Agar Tidak Salah Pilih

1. Penyediaan pakan ayam

Pakan adalah hal yang utama dan sangat penting disediakan dalam usaha perawatan ayam Bangkok. Pakan ini memiliki fungsi yang sangat banyak seperti sebagai sember energy untuk ternak ayam bangkok sehingga menghasilkan tingkah laku, performa, dan perilaku yang baik saat ayam aduan bertarung.

Dalam memberikan pakan ayam Bangkok pun harus disesuaikan dengan dosis yang pas contohnya harus sesuai dengan berat badan ayam Bangkok tersebut. Biasanya ayam Bangkok yang mempunyai berat badang 3 sampai 4 kg harus diberikan pakan sebesar 200 – 300 gram terhitung dalam setiap memberikan pakan jadi bukan dalam sehari.

Selain berat badan, juga harus di sesuaikan antara pakan untuk ayam yang masih kecil dengan pakan ayam yang sudah besar. Bahkan untuk ayam yang sudah dewasa juga selalu berbeda sesuai dengan kemauan si peternak. Kalau misalnya untuk di jadikan ayam aduan biasanya pakan ditambah dengan jagung yang masih utuh yang gunanya untuk melatih paruh ayam agar menjadi kuat.

Selain ayam Bangkok diberikan pakan, ayam bangkok juga harus diberi suplemen dan vitamin supaya tambah sehat dan kuat. Pemberian suplemen dan vitamin ini biasanya saat yang tepat dan sangat bagus adalah pada malam hari. Pada masa - masa itu biasanya ayam dalam kondisi tenang sehingga vitamin dan suplemen tadi mudah dicerna oleh ayam sehingga akan merasuk dengan sempurna ke tubuh ayam Bangkok.

2. Selalu dimandikan

Memandikan ayam paling perlu dilakukan supaya ayam mendapatkan penampilan yang menarik. Memandikan ayam pun harus di laksanakan setiap hari dan jangan asal - asalan saat memandikannya. Karena ayam yang mempunyai penampilan menarik dan juga bersih akan mempengaruhi performa ayam ketika akan bertarung.

Dalam memandikan ayam Bangkok ini pun ada waktu - waktu yang baik. Waktu tersebut ialah sekitar jam 08.00 pagi, namun dilihat dulu tidak boleh ketika saat hujan. Selain itu dalam memandikannya pun juga ada caranya. Namun sebelumnya dalam memandikan ayam Bangkok harus digunakan air yang bersih dari sumur, tidak memakai sabun, tidak menggunakan air hangat karena biasanya air hangat malah akan merusak jaringan pertumbuhan pada bulu ayam.

3. Penjemuran
Penjemuran biasanya dilakukan setelah selesai mandi yakni dengan memasukkan ayam ke dalam kurungan bulat kemudian diletakkan di bawah sinar matahari pagi dan bagian bawah kurungan diberi papan atau alas agar ayam tidak berguling - guling dan kotor lagi.

Waktu yang sangat tepat dalam melakukan penjemuran ini adalah sekitar pukul 08.00 sampai jam 10.00 pagi saja. Hal ini bertujuan untuk membantu proses pertumbuhan tulang dan bulu pada ayam. Selain itu dapat berkhasiat menciptakan ayam menjadi lebih sehat dan bugar. Karena sinar matahari langsung pada pagi hari mengandung vitamin D dan dapat membentuk inaktif yang baik untuk tulang ayam. Namun perlu diingat bahwa saat memandikan ayam jangan sekali - kali untuk menjemur ayam dalam wadah atau ember sebab tidak baik.

Selain itu, kegiatan menjemur ayam sangat bermanfaat untuk membentuk stamina ayam supaya lebih baik dan juga dapat menghilangkan lemak yang terdapat pada tubuh ayam. Menjemur ayam sebaiknya juga disesuaikan dengan kondisi ayam tersebut. Misalnya untuk ayam muda, bila sudah tidak tidak sanggup usahakan penjemuran dihentikan dan dapat dilanjutkan besoknya lagi.

Baca Juga berita lainnya hanya di : Sabung Ayam Online Indonesia

Nah, sekian dulu pembahsan kita tentang 3 Cara Merawat Ayam Bangkok Wajib Anda Ketahui Agar Bisa Jadi Petarung Hebat. Semoga tulisan kami ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin merawat ayam bangkok super kesayangannya semoga sukses dan jadi ayam yang handal dalam bertarung. Terima Kasih.